Selasa, 14 Februari 2017

IAD, IBD, ISD




ILMU PENGETAHUAN
Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas
Mata Kuliah : IAD, IBD, ISD
Dosen Pengampu : Suparwi

                                                                                              
     Di susun Oleh  :
Via Andriyani           ( 1420310026 )


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN SYARIAH / MBS
2014



BAB  I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Saat ini banyak orang yang belum begitu memahami tentang IAD,IBD,ISD sebagai ilmu dan system pembelajaran. Padahal ilmu alamiah dasar, ilmu budaya dasar, ilmu social dasar merupakan ilmu sangat penting  yang membahas tentang hubungan manusia dan alam.
 Ilmu adalah panduan atau petunjuk yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia sebagai  bekal untuk menjadi khalifah dalam mengelola dunia, sedangkan pembelajaran adalah proses interaksi antara guru dan peserta didik.dengan adanya pembelajaran manusia dapat mempuyai ilmu dan pengetahuan. Dengan adanya makalah ini mahasiswa diharapkan sedikit lebih tau tentang IAD,IBD,ISD sebagai lmu dan system pembelajaran.    

Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan ?
2.      Arti dan Manfaat pembelajaran ?
3.      Mengetahu tentang IAD,IBD,ISD sebagai ilmu dan system pembelajaran ?












BAB II
PEMBAHASAN
1.      Pengertian ilmu pengetahuan
A.    Ilmu
Ilmu berasal dari bahasa arab ( ilm ) dan berasal dari bahasa latin ( science ) yang berarti tahu atau mengetahui dan memahami. Menurut istilah ilmu adalah pengetahuan sistematis dan ilmiah.  Ada beberapa tokoh berpendapat tentang ilmu.[1]
·         M. IZUDDIN TAUFIQ
Ilmu adalah penelusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian dan eksperimen dengan tujuan menetapkan hakikat landasan dasar ataupun usulnya.
·         THOMAS KUHN
Ilmu adalah himpunan aktifitas yang menghasilkan banyak penemuan baik dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya.
·         Dr. MAURICE BUCAILLE
Ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala hal, baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar.
·         POESPOPRODJO
Ilmu adalah proses perbaikan diri secara bersinambungan yang meliputi perkembangan teori dan uji empiris.[2]
Jadi, ilmu dapat diartikan sebagai pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara sistematis menurut metode alamiah tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan kondisi dalam bidang pengetahuan.

B.     Pengetahuan
Pengetahuan ialah merupakan hasil “tahu” dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu obyek tertentu. Penginderaan terjadi melalui panca  indera manusia yaitu : indera penglihatan, pendengaran, penciuman,  rasa dan raba. Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga (Soekidjo, Notoadmodjo 2003).[3]

C.    Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan adalah sebuah sarana atau definisi tentang alam semesta. Atau sebuah system untuk memperoleh pengetahuan yang didasarkanpada proses ilmiah atau metode untuk mengaturpengetahuan yang diperoleh melalui penelitian. Perbedaan antara ilmu dan pengetahuan secara umum adalah ilmu merupakan kumpulan proses kegiatan terhadap suatu kondisi dengan menggunakan berbagai cara alat prosedur dan meted ilmiah lainnya. Sedangkan pengetahuan merupakan kumpulan fakta yang meliputi bahan dasar dari suatu ilmu.[4]

D.    Sumber Ilmu
  • Kabar yang dapat dipercaya.
  • Indera lahir maupun batin.
  • Akal berupa nalar maupun intelektual
  • Intuisi.

2.      Pengertian pembelajaran
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan , serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
 Beberapa ahli mengemukakan tentang pengertian pembelajaran,
a.   Pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu. Pembelajaran merupakan subjek khusus dari pendidikan. ( Corey  : 1986 )
b.   Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. ( UU SPN No.20 tahun 2003 )
c.   Pembelajaran adalah suatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan perilaku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. ( Mohammmad Surya )
d.   Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsure  unsure manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, prosedur yang saling memengaruhi dalam mencapai tujuan pembelajaran. ( Oemar Hamalik )
e.   Pembelajaran adalah rangkaian peristiwa ( events ) yang memengaruhi pembelajaran sehingga proses belajar dapat berlangsung dengan mudah. ( Gagne dan Brigga : 1979 )
pengertian secara umum mengenai pembelajaran adalah kegiatan terencana yang mengondisikan atau merangsang seseorang agar bisa belajar dengan baik agar sesuai dengan tujuan pembelajaran.[5]

Manfaat Pembelajaran
Pembelajaran berfungsi untuk memudahkan dalam mengkomunikasikan maksud kegiatan belajar mengajar kepada siswa, sehingga siswa dapat melakukan perbuatan belajarnya secara lebih mandiri.[6]

3.      IAD, IBD, ISD sebagai ilmu dan system pembelajaran
A.    Pengertian IAD
IAD adalah struktur dan berlangsungnya dunia alam, dimana manusiapun dianggap sebagai bagian dari alam dan lingkungan hidup. meliputi sejumlah kondisi ekstern disekitar organisme yang secara dekat mempengaruhi kehidupan dan perkembangan organisme yang bersangkutan.
Ilmu alamiah dasar yang mempelajari dasar-dasar alamiah secara universal atau keselururan yang mencakup dasar-dasarnya. Ilmu alamiah selalu merumuskan masalahnya dari gejala-gejala yang realitas sehingga metode yang dapat digunakan dalam ilmu alamiah dasar yaitu metode-metode yang tidak lepas dari objek-objek materi yang dapat dilihat dan dirasa oleh panca indra dan  dengan mudah untuk mengambil keputusan untuk membuat prinsip mengenai ilmu alamiah dasar jika tidak ada realitanya.[7]                                                                    
Ilmu pengetahuan alam (natural science) meliputi:
1. Ilmu Biologi
2. Ilmu Fisika
3. Ilmu Kimia
4. Ilmu Teknik
5. Ilmu Geologi
6. Ilmu Alam
7. Kedokteran
8. Ilmu Pasti

B.     Tujuan atau kegunaan ilmu IAD
1.  Memperkenalkan konsep-konsep dasar dalam Imu Pengetahuan Alam
2. Memberikan wawasan pengetahuan,pengertian dan apresiasi terhadap obyek dan cara pemikiran serta cara pendekatan dalam IPA dan terknologi
3.  Memberikan bekal untuk memanfaatkan bahan dan cara pemikiran,cara pendekatan serta hasil-hasil dalam IPA dan teknologi
4.   Mengembangkan interaksi yang selaras antara disiplin-disiplin ilmu.[8]

C. Tujuan Pembelajaran IAD
1.   Mencari kebenaran tentang objek,dan kebenaran itu harus bersifat relatif, Alam semesta sebagai objek penyelidikan mempunyai aspek yang sangat luas, misalnya aspek fisis, aspek kimiawi, aspek biologis, aspek ekonomi, dan sebagainya.
2.   Mencapai kebenaran yang sesuai dengan objeknya. Secara umum dapat dikatakan bahwa ilmu pengetahuan itu harus objektif.
3.   Terciptanya pemikiran yang lebih luas terhadap lingkungan dan gejala-gejala yang terjadi dalam masyarakat, sehingga kita menjadi tanggap terhadap suatu masalah yang terjadi di sekitar kita.
4.   Menciptakan generasi yang mampu menganalisa dan memberikan suatu solusi terhadap sebuah permasalahan.
5.   Menciptakan generasi yang mampu memanfaatkan gejala-gejala yang ada di alam semesta untuk diolah sehingga bermanfaat bagi masyarakat banyak.
6.   Dapat menjelaskan perkembangan naluri manusia serta alam pikir manusia dalam memenuhi kebutuhan rasa ingin tahunya.[9]

D.  Pengertian ISD
            Ilmu Sosial Dasar adalah Pengetahuan yang mempelajari tentang masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang terjadi pada masyarakat Indonesia dengan menggunakan teori-teori (fakta, konsep, teori). Ilmu Sosial Dasar, Memusatkan perhatian pada kenyataan sosial terutama yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengetahuan pada ilmu-ilmu sosial seperti geografi sosial, sosiologi, antropologi sosial, ilmu politik, psikologi sosial dan sejarah.
Ilmu Pengetahuan sosial (social science) meliputi:
1. ilmu ekonomi                                                                                    
2.  ilmu politik
3. ilmu komunikasi
4. ilmu sosiologi

E. Tujuan atau Kegunaan ilmu ISD
            Membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh    wawasan pemikiran dan kepribadian yang lebih luas, dan ciri-ciri kepribadian sebagai golongan terpelajar Indonesia, khususnya yang berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lainnya, serta sikap dan tingkah laku manusia lainnya terhadap dirinya.[10]
                                                                  
F.   Tujuan pembelajaran ISD
1.  Memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang   dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial.
2.  Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
3.  Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
4.  Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).[11]                                                                               
          
G.  Pengertian IBD
IBD adalah suatu pengetahuan yang mene­laah berbagai masalah kemanusiaan dan budaya, yang dikem­bangkan oleh berbagai bidang pengetahuan keahlian yang ter­golong dalam Pengetahuan Budaya. Ilmu Budaya dasar, memusatkan perhatian pada usaha memperole perhatian mengenai hakikat dan harkat manusia serta nilai – nilai budaya yang telah di kembangkannya.[12]
Ilmu budaya atau humaniora meliputi:
1. filsafat
2. Antropologi
3. Sejarah
4.  Hukum
5. Sastra
6. Psikologi
7. Arkeologi

 H. Tujuan atau kegunaan ilmu IBD
Untuk pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungan, khususnya gejala-gejala yang berkenaan dengan kebudayaan dan kemanusiaan, agar daya tanggap, persepsi dan penalaran yang berkenaan dengan lingkungan budaya yang dapat diperluas dan menjadi lebih halus.[13]

I.  Tujuan pembelajaran IBD
1. Mengasah kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya sehingga mereka akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
2. Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.[9]
3.Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, hormat menghormati serta simpati pada nilai-nilai yang hidup pada masyarakat.
4. Mengembangkan daya kritis terhadap persoalan kemanusiaan dan kebudayaan.
5.Memiliki latar belakang pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia.

                                                                                                                               

BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Ilmu pengetahuan adalah sebuah sarana atau definisi tentang alam semesta. Atau sebuah system untuk memperoleh pengetahuan yang didasarkanpada proses ilmiah atau metode untuk mengatur pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian.
pembelajaran adalah kegiatan terencana yang mengondisikan atau merangsang seseorang agar bisa belajar dengan baik agar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
IAD,IBD,ISD sebagai ilmu dan sistem  pembelajaran untuk mengetahui ilmu – ilmu yang di pelajari dalam kehidupan bermasyarakat. Dan untuk tujuan pembelajarannya bisa dikatakan mudah karena selalu berhubungan dengan masyarakat.

















DAFTAR PUSTAKA

abdul majid, strategi pembelajaran, PT Remaja Rosdakarya, Bandung : 2013
http://biosefful.blogspot.com








[5] abdul majid, strategi pembelajaran, PT Remaja Rosdakarya, Bandung : 2013, hlm. 4
[6] http://biosefful.blogspot.com
[12]http://riim.wodpress.com ( 03 oktober 2014 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar