ILMU
PENGETAHUAN
Makalah
ini dibuat untuk memenuhi tugas
Mata
Kuliah : IAD, IBD, ISD
Dosen
Pengampu : Suparwi
Di
susun Oleh :
Via Andriyani ( 1420310026 )
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN SYARIAH / MBS
2014
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Saat ini banyak orang
yang belum begitu memahami tentang IAD,IBD,ISD sebagai ilmu dan system
pembelajaran. Padahal ilmu alamiah dasar, ilmu budaya dasar, ilmu social dasar
merupakan ilmu sangat penting yang
membahas tentang hubungan manusia dan alam.
Ilmu adalah panduan atau petunjuk yang diberikan oleh Tuhan
kepada manusia sebagai bekal untuk menjadi khalifah dalam mengelola
dunia, sedangkan pembelajaran adalah proses interaksi antara guru dan peserta
didik.dengan adanya pembelajaran manusia dapat mempuyai ilmu dan pengetahuan. Dengan
adanya makalah ini mahasiswa diharapkan sedikit lebih tau tentang IAD,IBD,ISD
sebagai lmu dan system pembelajaran.
Rumusan
Masalah
1. Apa
yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan ?
2. Arti
dan Manfaat pembelajaran ?
3. Mengetahu
tentang IAD,IBD,ISD sebagai ilmu dan system pembelajaran ?
BAB II
PEMBAHASAN
1. Pengertian
ilmu pengetahuan
A.
Ilmu
Ilmu berasal dari
bahasa arab ( ilm ) dan berasal dari bahasa latin ( science ) yang berarti tahu
atau mengetahui dan memahami. Menurut istilah ilmu adalah pengetahuan
sistematis dan ilmiah. Ada beberapa
tokoh berpendapat tentang ilmu.[1]
·
M. IZUDDIN TAUFIQ
Ilmu adalah penelusuran data atau informasi
melalui pengamatan, pengkajian dan eksperimen dengan tujuan menetapkan hakikat
landasan dasar ataupun usulnya.
·
THOMAS KUHN
Ilmu adalah himpunan aktifitas yang
menghasilkan banyak penemuan baik dalam bentuk penolakan maupun
pengembangannya.
·
Dr. MAURICE BUCAILLE
Ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan
segala hal, baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar.
·
POESPOPRODJO
Ilmu
adalah proses perbaikan diri secara bersinambungan yang meliputi perkembangan
teori dan uji empiris.[2]
Jadi, ilmu dapat diartikan sebagai
pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara sistematis menurut metode
alamiah tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan kondisi dalam bidang
pengetahuan.
B.
Pengetahuan
Pengetahuan ialah merupakan hasil “tahu” dan ini terjadi setelah
orang melakukan penginderaan terhadap suatu obyek tertentu. Penginderaan
terjadi melalui panca indera manusia yaitu : indera penglihatan,
pendengaran, penciuman, rasa dan raba. Sebagian besar pengetahuan manusia
diperoleh melalui mata dan telinga (Soekidjo, Notoadmodjo 2003).[3]
C.
Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan adalah
sebuah sarana atau definisi tentang alam semesta. Atau sebuah system untuk
memperoleh pengetahuan yang didasarkanpada proses ilmiah atau metode untuk
mengaturpengetahuan yang diperoleh melalui penelitian. Perbedaan antara ilmu
dan pengetahuan secara umum adalah ilmu merupakan kumpulan proses kegiatan
terhadap suatu kondisi dengan menggunakan berbagai cara alat prosedur dan meted
ilmiah lainnya. Sedangkan pengetahuan merupakan kumpulan fakta yang meliputi
bahan dasar dari suatu ilmu.[4]
D.
Sumber Ilmu
- Kabar yang dapat dipercaya.
- Indera lahir maupun batin.
- Akal berupa nalar maupun intelektual
- Intuisi.
2.
Pengertian pembelajaran
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik
dengan pendidik. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar
dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan , serta pembentukan sikap
dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah
proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
Beberapa ahli
mengemukakan tentang pengertian pembelajaran,
a. Pembelajaran
adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk
memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu. Pembelajaran merupakan
subjek khusus dari pendidikan. ( Corey :
1986 )
b. Pembelajaran
adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada
suatu lingkungan belajar. ( UU SPN No.20 tahun 2003 )
c. Pembelajaran
adalah suatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan
perilaku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu
sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. ( Mohammmad Surya )
d. Pembelajaran
adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsure unsure manusiawi, material, fasilitas,
perlengkapan, prosedur yang saling memengaruhi dalam mencapai tujuan
pembelajaran. ( Oemar Hamalik )
e. Pembelajaran
adalah rangkaian peristiwa ( events ) yang memengaruhi pembelajaran sehingga
proses belajar dapat berlangsung dengan mudah. ( Gagne dan Brigga : 1979 )
pengertian secara umum
mengenai pembelajaran adalah kegiatan terencana yang mengondisikan atau
merangsang seseorang agar bisa belajar dengan baik agar sesuai dengan tujuan
pembelajaran.[5]
Manfaat Pembelajaran
Pembelajaran berfungsi
untuk memudahkan dalam mengkomunikasikan maksud kegiatan belajar mengajar
kepada siswa, sehingga siswa dapat melakukan perbuatan belajarnya secara lebih
mandiri.[6]
3.
IAD, IBD, ISD sebagai ilmu dan
system pembelajaran
A. Pengertian
IAD
IAD
adalah struktur dan berlangsungnya dunia
alam, dimana manusiapun dianggap sebagai bagian dari alam dan lingkungan hidup.
meliputi sejumlah kondisi ekstern disekitar organisme yang secara dekat mempengaruhi
kehidupan dan perkembangan organisme yang bersangkutan.
Ilmu alamiah
dasar yang mempelajari dasar-dasar alamiah secara universal atau keselururan
yang mencakup dasar-dasarnya. Ilmu alamiah selalu merumuskan masalahnya dari
gejala-gejala yang realitas sehingga metode yang dapat digunakan dalam ilmu
alamiah dasar yaitu metode-metode yang tidak lepas dari objek-objek materi yang
dapat dilihat dan dirasa oleh panca indra dan
dengan mudah untuk mengambil keputusan untuk membuat prinsip mengenai
ilmu alamiah dasar jika tidak ada realitanya.[7]
Ilmu pengetahuan alam (natural science) meliputi:
1. Ilmu Biologi
2. Ilmu Fisika
3. Ilmu Kimia
4. Ilmu Teknik
5. Ilmu Geologi
6. Ilmu Alam
7. Kedokteran
8. Ilmu Pasti
B. Tujuan atau kegunaan ilmu IAD
1. Memperkenalkan
konsep-konsep dasar dalam Imu Pengetahuan Alam
2. Memberikan
wawasan pengetahuan,pengertian dan apresiasi terhadap obyek dan cara pemikiran
serta cara pendekatan dalam IPA dan terknologi
3.
Memberikan bekal untuk memanfaatkan
bahan dan cara pemikiran,cara pendekatan serta hasil-hasil dalam IPA dan
teknologi
4. Mengembangkan
interaksi yang selaras antara disiplin-disiplin ilmu.[8]
C. Tujuan Pembelajaran IAD
1. Mencari kebenaran tentang objek,dan
kebenaran itu harus bersifat relatif, Alam semesta sebagai objek penyelidikan
mempunyai aspek yang sangat luas, misalnya aspek fisis, aspek kimiawi, aspek
biologis, aspek ekonomi, dan sebagainya.
2. Mencapai kebenaran yang sesuai
dengan objeknya. Secara umum dapat dikatakan bahwa ilmu pengetahuan itu harus
objektif.
3. Terciptanya pemikiran yang lebih
luas terhadap lingkungan dan gejala-gejala yang terjadi dalam masyarakat,
sehingga kita menjadi tanggap terhadap suatu masalah yang terjadi di sekitar
kita.
4. Menciptakan generasi yang mampu
menganalisa dan memberikan suatu solusi terhadap sebuah permasalahan.
5. Menciptakan generasi yang mampu
memanfaatkan gejala-gejala yang ada di alam semesta untuk diolah sehingga bermanfaat
bagi masyarakat banyak.
6. Dapat
menjelaskan perkembangan naluri manusia serta alam pikir manusia dalam memenuhi
kebutuhan rasa ingin tahunya.[9]
D. Pengertian ISD
Ilmu Sosial Dasar adalah Pengetahuan yang mempelajari
tentang masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang terjadi pada
masyarakat Indonesia dengan menggunakan teori-teori (fakta, konsep, teori).
Ilmu Sosial Dasar, Memusatkan perhatian pada kenyataan sosial terutama yang
diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengetahuan pada
ilmu-ilmu sosial seperti geografi sosial, sosiologi, antropologi sosial, ilmu
politik, psikologi sosial dan sejarah.
Ilmu Pengetahuan sosial
(social science) meliputi:
1.
ilmu ekonomi
2.
ilmu politik
3.
ilmu komunikasi
4.
ilmu sosiologi
E.
Tujuan atau Kegunaan ilmu ISD
Membantu perkembangan wawasan
pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran dan kepribadian yang
lebih luas, dan ciri-ciri kepribadian sebagai golongan terpelajar Indonesia,
khususnya yang berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi
manusia-manusia lainnya, serta sikap dan tingkah laku manusia lainnya terhadap
dirinya.[10]
F. Tujuan
pembelajaran ISD
1. Memberikan
pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala
sosial.
2. Memahami dan
menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada
dalam masyarakat.
3. Peka
terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha
menanggulanginya.
4. Menyadari
bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat
kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).[11]
G.
Pengertian IBD
IBD adalah suatu
pengetahuan yang menelaah berbagai masalah kemanusiaan dan budaya, yang dikembangkan
oleh berbagai bidang pengetahuan keahlian yang tergolong dalam Pengetahuan
Budaya. Ilmu Budaya dasar, memusatkan perhatian pada usaha memperole perhatian
mengenai hakikat dan harkat manusia serta nilai – nilai budaya yang telah di
kembangkannya.[12]
Ilmu budaya atau
humaniora meliputi:
1. filsafat
2. Antropologi
3. Sejarah
4. Hukum
5. Sastra
6. Psikologi
7. Arkeologi
H.
Tujuan atau kegunaan ilmu IBD
Untuk pembentukan dan pengembangan kepribadian serta
perluasan wawasan perhatian, pengetahuan dan pemikiran mengenai berbagai gejala
yang ada dan timbul dalam lingkungan, khususnya gejala-gejala yang berkenaan
dengan kebudayaan dan kemanusiaan, agar daya tanggap, persepsi dan penalaran
yang berkenaan dengan lingkungan budaya yang dapat diperluas dan menjadi lebih
halus.[13]
I. Tujuan pembelajaran IBD
1. Mengasah
kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya sehingga mereka akan lebih mudah
menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan
profesi mereka.
2. Memberikan
kesempatan bagi mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah
kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap
persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.[9]
3.Menyadarkan
mahasiswa terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, hormat menghormati serta simpati pada nilai-nilai
yang hidup pada masyarakat.
4. Mengembangkan
daya kritis terhadap persoalan kemanusiaan dan kebudayaan.
5.Memiliki latar
belakang pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia.
BAB
III
PENUTUP
KESIMPULAN
Ilmu pengetahuan adalah sebuah sarana
atau definisi tentang alam semesta. Atau sebuah system untuk memperoleh
pengetahuan yang didasarkanpada proses ilmiah atau metode untuk mengatur pengetahuan
yang diperoleh melalui penelitian.
pembelajaran adalah kegiatan terencana
yang mengondisikan atau merangsang seseorang agar bisa belajar dengan baik agar
sesuai dengan tujuan pembelajaran.
IAD,IBD,ISD sebagai ilmu dan sistem pembelajaran untuk mengetahui ilmu – ilmu
yang di pelajari dalam kehidupan bermasyarakat. Dan untuk tujuan
pembelajarannya bisa dikatakan mudah karena selalu berhubungan dengan
masyarakat.
DAFTAR
PUSTAKA
abdul majid, strategi pembelajaran, PT Remaja
Rosdakarya, Bandung : 2013
http://pengertian-definisi-adalah.blogspot.com/2013/08/pengertian-pengetahuan-menurut-para-ahli.html
http://biosefful.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar